Dampak abu merapi bisa menjadi pupuk bagi tanah

Abu Merapi Bisa Jadi Pupuk

Keberadaan abu vulkanik yang dihasilkan dari proses erupsi Gunung Merapi sekarang ini memang banyak dikeluhkan masyarakat. Bukan hanya karena dikhawatirkan mengganggu kesehatan, tapi di sektor pertanian juga mengakibatkan kadar keasaman tanah meningkat.

Namun demikian, dalam jangka panjang abu vulkanik justru memberikan manfaat yang besar untuk kesuburan tanah. Pasalnya, tanpa pengolahan khusus abu vulkanik setelah satu tahun bisa menjadi pupuk yang kualitasnya sangat bagus.

Jangka pendek memang terkesan mengakibatkan tanaman mati, Tapi kedepannya justru membuat lahan menjadi subur.

Abu vulkanik Merapi memiliki kadar keasaman (Ph) sekitar 4-4,3. Diperkirakan, dapat menurunkan derajat keasaman tanah. Normalnya, tanah memiliki Ph 6-7. hal ini menunjukkan bahwa abu vulkanik menurunkan derajat keasaman tanah, abu vulkanik memiliki kandungan silika oksida. Dalam jangka pendek, turunnya derajat keasaman tanah tersebut akan menjadi kendala. Tanah asam tidak akan maksimal saat diolah. Diperkirakan, jenis budidaya tanaman yang paling akomodatif adalah jenis palawija.

Pertumbuhan tanaman pasti akan terhambat. Tanpa perlakuan khusus, perlu waktu setahun lebih untuk menormalkan derajat keasaman tanah yang sudah tercampur abu vulkanik.

Meski demikian,  petani tidak harus menunggu dalam jangka waktu setahun untuk menormalkan kembali Ph tanah. Bagi petani palawija bisa mencampur dengan kapur dolomit untuk menurunkan derajat keasaman. Komposisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan Ph adalah satu ton kapur dolomit untuk lahan seluas satu hektare.

abu vulkanik yang memiliki kandungan belerang dan silica oksida mampu mengurangi intensitas serangan hama. Beberapa jenis hama tidak kuat dengan abu vulkanik ini, seperti halnya ikan yang hidup di air, hama yang berdekatan dengan air juga mati jika terkena abu vulkanik Merapi.

 

Ristri Rahayu

08303244024

pendidikan kimia NR’08

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: