MANFAAT UDARA BERSIH

Apakah yang kita lakukan pertama kali kita dilahirkan ke dunia ini? Menghirup udara. Manusia bisa hidup 5-6 minggu tanpa makanan, beberapa hari tanpa air, tetapi hanya beberapa menit tanpa udara. Nutrisi paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita bukanlah protein, karbohidrat atau lemak, tapi udara! Sebagaimana api di pembakaran tidak dapat menyala tanpa adanya udara, demikian juga api dalam tubuh kita tidak dapat dijaga tanpa adanya udara yang banyak dalam tubuh kita. Cara kita bernafas akan mempengaruhi penampilan kita, bagaimana kita merasa, daya tahan kita terhadap penyakit, bahkan berapa lama kita akan hidup. Agar kita mempunyai darah yang baik, kita harus bernafas dengan baik. Udara murni yang memenuhi paru-paru kita akan membersihkan darah, lalu mengirimkannya ke seluruh bagian tubuh.

Pernafasan yang baik meredakan ketegangan, merangsang nafsu makan; membuat pencernaan lebih baik; dan menyebabkan tidur yang menyegarkan. Orang sakit lebih membutuhkan udara bersih daripada obat-obatan, dan lebih penting daripada makanan mereka. Bagi orang sakit, lebih baik kehilangan makanan daripada kehilangan udara bersih. Kehidupan di udara luar dengan lingkungan alami akan berakibat pada hal-hal ajaib bagi para penderita cacad yang tidak berdaya dan hampir tidak ada harapan.

Beberapa penyakit dapat disembuhkan rata-rata melalui udara yang baik dan cukup. Contohnya, pengobatan yang paling berhasil bagi para penderita Tuberculosis (TBC) adalah udara bersih yang lebih banyak daripada biasanya, baik siang maupun malam. Beranda untuk tidur harus disediakan dan si pasien penderita TBC tersebut hanya diperkenankan di dalam rumah hanya untuk makan dan keperluan lain. Ribuan orang yang seharusnya masih hidup meninggal karena kurangnya udara dan air bersih.

Apakah Cara Kita Duduk Atau Berdiri Mempengaruhi Pernafasan Kita?

Ya. Paru-paru kita dapat mengembang lebih baik hanya ketika kita duduk atau berdiri tegak, sebab kalau tidak, kantung yang ada dalam paru-paru kita yang bertugas mengambil udara akan tertekan. Ketika paru-paru tidak mendapat udara yang cukup, maka darah juga tidak mendapat udara yang cukup; dan pada gilirannya, semua tidak berfungsi efisien sebagaimana seharusnya. Berlatihlah bagaimana untuk duduk dan berdiri tegak – kepala tegak, punggung lurus.

Yuni Ananingsih

NIM : 08303244005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: