Deteksi Sumber Air Dangkal Dengan Pohon Bambu Petung

 

Bambu Petung

Di Indonesia, terutama masyarakat pedesaan, bambu memegang peranan sangat penting. Bahan bambu dikenal oleh masyarakat memiliki sifat-sifat yang baik untuk dimanfaatkan, antara lain batangnya kuat, ulet, lurus, rata, keras, mudah dibelah, mudah dibentuk dan mudah dikerjakan serta ringan sehingga mudah diangkut. Selain itu bambu juga relatif murah dibandingkan dengan bahan bangunan lain karena banyak ditemukan di sekitar pemukiman pedesaan. bambu menjadi tanaman serbaguna bagi masyarakat pedesaan.

Tanaman bambu hidup merumpun, kadang-kadang ditemui berbaris membentuk suatu garis pembatas dari suatu wilayah desa yang identik dengan batas desa di Jawa. Penduduk desa sering menanam bambu disekitar rumahnya untuk berbagai keperluan. Bermacam-macam jenis bambu bercampur ditanam di pekarangan rumah. Pada umumnya yang sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia adalah bambu tali, bambu andong, bambu hitam, dan bambu petung

Bambu Petung dan Air Dangkal

Apabila kita melewati suatu tempat menemukan adanya bamboo petung yang tumbuh secara alami, maka kemungkinan besar didaerah tersebut terdapat air permukaan yang relatif  dangkal. Fenomena alam ini sangat membantu kita dalam mengidentifikasi sumber air baku. Masihkah kita ingin merusak alam ? padahal alam itu sebetulnya membantu kehidupan kita.

 

Yuni Ananingsih

08303244005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: